TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI

DI
SUSUN OLEH
THANTRI
MAYANG PUTERI
4512012011
MANAJEMEN
– A
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
BOSOWA MAKASSAR
2015
PROFIL
PERUSAHAAN PT.Ultra
Jaya Milk Industry Tbk

Ø
Sejarah
Perusahaan
PT. Ultrajaya
Milk Industry Tbk dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung -
Jawa Barat. Perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di
Padalarang, Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131,
Padalarang, Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah
tangga, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. PT
Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry &
Trading Company. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman
dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman
tercanggih se-Asia Tenggara.
Pada awalnya
perusahaan yg berawal dari sebuah rumah di Jln. Tamblong Dalam, Bandung, ini
hanya memproduksi susu. Namun seiring perkembangannya, dia juga memproduksi
juice dalam kemasan bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari
Asem Asli dan Sari Kacang Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli
oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. bisa
kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Perusahaan yang didirikan oleh
Ahmad Prawirawidjaja ini, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di
Bandung, sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja,
dan siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.
Dan hingga
kini, brand unggulan, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair.
Lahan peternakan berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi
Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan
baku produk kami. Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di
dalamnya kemudian kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT )
digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Kini, hampir
90% total produksi, kami distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok
Indonesai, sementara kurang lebih 10% produksi, kami ekspor ke beberapa negara
di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
Ø Visi dan Misi
·
Visi
Menjadi perusahaan industri makanan dan minuman yang
terbaik dan terbesar di Indonesia, dengan senantiasa mengutamakan kepuasan
konsumen, dan menjungjung tinggi kepercayaan para pemegang saham serta mitra
kerja perusahaan.
·
Misi
Menjalankan
usaha yang dilandasi dengan kepekaan yang tinggi untuk senantiasa berorientasi
kepada pasar atau konsumen, dan kepekaan serta kepedulian untuk senantiasa
memperhatikan lingkungan yang dilakukan secara optimal agar dapat memberikan
nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban kepada pemegang saham
Ø Budaya
Tranformasi Budaya Organiasi
dengan Kinerja Karyawan mempunyai Pengaruh yang kuat serta positif, di mana
semakin besar Transformasi Budaya Organiasi yang dirasakan, maka semakin besar
pula Kinerja Yang Mampu Terbentuk yang mampu terbentuk. Demikian juga
sebaliknya. Selain itu didapatkan pula bahwa Transformasi Budaya Organisasi
hanya berpengaruh sebesar 44,8 % terhadap Kinerja Karyawan sedangkan sisanya
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.Seperti
motivasi,imbalan dan hukuman serta tunjangan yang diberikan.
Dalam peneliti ini penulis
menyarankan agar ada komunikasi yang lebih intensif dari atasan pada bawahan
begitu juga sebaliknya dari bawahan agar tidak segan untuk bertanya pada atasan
agar terjalin komunikasi yang efektif .Karena Transformasi budaya Organisasi
bisa dikatakan behasil jika komunikasi dijalankan secara efektif.
Ø Penerapan Bauran Pemasaran
pada Produk PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk.
1.
Produk
Pada website ini, terdapat
informasi yang lengkap tentang produk-produk yang diproduksi yang juga disertai
gambar dan informasi lengkap masing-masing produk, seperti manfaatnya, anjuran
pemakaian, proses prosuksi, dll.
2.
Price
Dalam Website ini, PT Ultrajaya tidak mencantumkan
harga dari produk-produknya dikarenakan harga di pasaran sangat variatif
tergantung letak wilayah geografis konsumen dan memiliki latar belakang sosial
ekonomi yang berbeda.
3.
Place
PT Ultrajaya merupakan perusahaan yang sudah sangat
besar saat ini. Produk-produknya juga sudah tersebar diseluruh Indonesia bahkan
hingga mancanegara. Pada website ini, PT ultrajaya tidak lupa menyertakan
alamat-alamat distributor seluruh Indonesia dan juga informasi untuk ekspor
produk. Informasi distributor yang dicantumkan juga sudah sangat lengkap
sehingga memudahkan untuk mendistribusikan produk ke tangan customer.
Tampilan Halaman Daftar
Distributor :
4.
Promotion
Promosi yang dilakukan pada website ini adalah dengan
menyertakan artikel-artikel tentang produk. Contohnya artikel tentang alasan
mengapa susu UHT lebih baik pada website tersebut sehingga customer membeli
produk tersebut dan artikel-artikel lainnya yang juga dapat meningkatkan daya
beli customer terhadap produk yang dikeluarkan. Promosi lainnya yang dilakukan
juga dengan menyertakann video tentang pabrik dan cara produksinya. Video ini
dapat membuat customer seakan-akan sedang mengunjungi pabrik dan melihat
langsung proses produksi. Promosi ini dapat menambahkan rasa kepercayaan
customer sehingga tidak beralih kepada produk lain yang sejenis.
Ø ULTRA
MILK

Ø KUALITAS/MANFAAT
Susu
segar berkualitas tinggi mengandung manfaat alami dan seimbang dari protein,
karbohidrat, vitamin, mineral seperti Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan dicampur
dengan gula dan bahan baku lainnya seperti bubuk coklat, sari buah stroberi
atau bubuk kopi. sehingga menjadikan susu sebagai makanan yang lengkap. Susu
segar mengandung semua gizi penting yang dibutuhkan anak-anak dan juga dewasa.
Ø PEMAKAIAN
·
Sangat baik untuk diminum setiap hari.
Juga cocok untuk masakan dan kue.
·
Produk ini disarankan untuk anak-anak
berusia di atas 1 tahun, remaja, maupun dewasa.
Analisis Internal dan Eksternal Perusahaan
ü Analisis Internal
a.
Keuangan
Tabel 1.1
Total
Aktiva, Laba Bersih dan Penjualan
PT Ultrajaya
Milk Industry, Tbk
Tahun 2006 –
2010
Tahun
|
Total
Aktiva
(Rp)
|
Penjualan
(Rp)
|
Laba
Bersih Setelah Pajak (Rp)
|
2006
|
1.249.080.371.258
|
835.229.966.049
|
14.731.717.216
|
2007
|
1.362.829.538.011
|
1.126.799.918.436
|
30.316.644.576
|
2008
|
1.718.997.392.078
|
1.362.606.580.492
|
303.711.501.204
|
2009
|
1.732.701.994.634
|
1.613.927.991.404
|
61.152.852.190
|
2010
|
2.006.595.762.260
|
1.404.945.733.980
|
95.713.080.440
|
Sumber : PT
Ultrajaya Milk Industry, Tbk
Dari tabel diatas dapat dilihat dari
tahun 2006 sampai 2010 total aktiva mengalami peningkatan. Pada tahun 2006
total aktiva sebesar Rp.1.249.080.370.258, tahun 2007 total aktiva meningkat
sebesar Rp.1.362.829.538.011, tahun 2008 total aktiva meningkat sebesar
Rp.1.718.997.392.078, tahun 2009 total aktiva meningkat sebesar
Rp.1.732.701.994.634 dan tahun 2010 total aktiva meningkat sebesar
2.006.595.762.260.
Untuk penjualan dapat dilihat pada
tahun 2006 sampai dengan 2010 cenderung meningkat. Pada tahun 2006 penjualan
sebesar Rp.835.229.966.049, tahun 2007 penjualan mengalami peningkatan sebesar
Rp.1.126.799.918.436, tahun 2008 penjualan meningkat sebesar
Rp.1.362.606.580.492, tahun 2009 penjualan meningkat sebesar 1.613.927.991.404,
dan tahun 2010 penjualan mengalami penurunan sebesar Rp.1.404.945.733.980.
Sedangkan untuk laba bersih setelah
pajak dilihat pada tahun 2006 sampai 2010 mengalami peningkatan. Pada tahun
2006 laba bersih setelah pajak sebesar Rp.14.731.717.216 dan pada tahun 2007
mengalami peningkatan sebesar Rp.30.316.644.576, tahun 2008 laba bersih setelah
pajak meningkat sebesar Rp.303.711.501.204, tahun 2009 laba bersih setelah
pajak meningkat sebesar Rp.61.152.812.190, dan pada tahun 2010 laba bersih
setelah pajak mengalami peningkatan sebesar Rp.95.713.080.440.
b.
Struktur organisasi
Dalam seitap
perusahaan struktur organisasi sangat penting fungsinyakarena adanya struktur
organisasi perusahaan, maka setiap karyawan akanmemperoleh gambaran tentang
peranan masing-masing bagian serta mengetahuiwewenang dan tanggung jawab dalam
pelaksanaan tugasnya. Oleh karena itustruktur organisasi dibuat dan disesuaikan
dengan perkembangan, kemampuan dan keadaan perusahaan. Dengan struktur
organisasi maka dapat dilihat pembagian tugas dalam organisasi dan kegiatan
perusahaan secara garis besar.Berikut ini adalah gambaran struktur organisasi
PT Ultrajaya.
Ø Analisis Eksternal.
a)
Pesaing
Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun
secara umum , persaingan dalam suatu industri terbentuk dari lima kekuatan
pembentuk persaingan. Dapat dilihat dari bagan yang diambil dari M. Porter :
- Persaingan berdasarkan substitusi merupakan persaingan dari produk pesaing dari PT Ultrajaya. Strategi yang dilakukan pada PT Ultrajaya adalah penciptaan nilai tambah bagi pelanggan melalui pembaharuan kemasan, peningkatan layanan, meyakinkan dan memberikan keamanan produk – produk PT Ultrajaya kepada pelanggan.
- Untuk pembeli, diumumkan untuk semua kalangan namun khususnya lebih kepada para anak-anak dan remaja. Apalagi untuk produk minuman Teh Kotak, banyak sekali para remaja dan anak-anak yang mengkonsumsi teh.
- Pemasok untuk PT Ultrajaya dimulai dari bahan baku untuk proses produksi hingga para investor yang menanakan modalnya di perusahaan ini.
- Pendatang baru bagi PT Ultrajaya khususnya untuk minuman sejenis produk Teh Kotak saat ini ada banyak seperti nu green tea, teh gelas, mountea. Karena itu diperlukan lebih banyak promosi dan penentuan harga agar produk Teh Kotak dapat tetap bertahan di pasaran walaupun sudah datang banyak pesaiang sejenis.
- Persaingan antar penjual dalam satu industri minuman berjenis teh sangatlah menjadi sebuah tantangan untuk PT Ultrajaya dalam memajukan usahanya dan tidak mengalami kemunduran di dalam melakukan produksi. PT Ultrajaya dituntut mampu bersaing dengan para kompetitor domestik maupun internasional dengan strategi improvement layanan kepada para customer yang ada.
PT Ultrajaya
pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk
seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk
untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman teh segarnya, dan Sari
Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Dan tak ketinggalan
beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport.
Dan hingga
kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu
cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam
kemasan karton.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar